WoW....

Mohon maaf, untuk saat ini semua link download disini broken disebabkan karena akun kami di media store seperti ziddu, mediafire, dan ryushare di banned dan dihapus. Kami akan sesegera mungkin mengatasi hal tsb, Terima Kasih

Senin, 01 April 2013

Jailolo, (wait me) I’m coming !!!!



“Tulisan ini diikutkan dalam Jailolo, I’m Coming!” Blog Contest yang diselenggarakan oleh Festival Teluk Jailolo dan Wego Indonesia

Sudah pernah ke Jailolo ? Sudah tahu Festival Teluk Jailolo ? 
Belum pernah ? Belum tahu? Saya juga. :malus

Setelah searching-searching di internet, saya berhasil menemukan info-info tentang Jailolo dan Festival Teluk Jailolo. Jailolo atau Gilolo adalah nama lain yang diberikan penduduk setempat untuk Pulau Halmahera di Provinsi Maluku Utara. Di sini digelar Festival Teluk Jailolo yang merupakan festival tahunan dan didukung komunitas budaya, pemerintah daerah, dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia. Banyak hal menakjubkan yang kita dapatkan dari fesitval ini. Bayangkan saja, festival ini melibatkan ratusan masyarakat Halmahera Barat !!! Baik itu petani, nelayan, juga anak-anak sekolahan. Apa saja yang ada di festival ini ? Ada pagelaran menarik seperti: Cakalele, Soya-soya, Legu Sarai, musik Yanger, Tataruba, Sara Dabi-dabi, Horum Sasadu, serta acara kuliner kolosal yang mengundang semua pengunjung untuk makan bersama. Dan pada acara puncaknya akan ada teater “Cabaret On The Sea”  yaitu kabaret yang mengkolaborasikan cerita sarat filosofi dengan harmonisasi musikal menawan serta panggung besar yang mengapung di atas lautan.
Ini merupakan konsep teater yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia bahkan dunia !! Menakjubkan bukan ?!

Hal tersebutlah yang membuat saya sangat tertarik untuk bisa hadir dan melihat langsung festival ini. Saya yakin, bukan hanya saya namun setiap orang yang mengetahui festival ini akan merasakan hal yang sama. Kenapa? Karena akan sangat menyenangkan menyaksikan salahsatu kebudayaan Indonesia dalam bungkusan suatu festival.

Namun sayangnya, meskipun sudah tahun kelima penyelenggaraannya, masih banyak orang-orang yang belum tahu festival unik dan luar biasa ini. Untuk itu disini saya akan mencoba menawarkan beberapa hal yang harus dilakukan panitia pelaksana agar nantinya festival ini mampu mengangkat nama Maluku Utara khususnya, agar dikenal oleh masyarakat luas dan masyarakat Internasional.

Pertama, bekerjasama dengan pihak televisi nasional. Selama ini berita tentang festival jailolo memang sudah ada di televisi, namun hanya sebatas laporan kegiatan dari festival tersebut. Nah, menurut saya salahsatu cara yang harus kita lakukan untuk mempromosikan festival ini yaitu dengan membuat sebuah reality show dengan menampilkan persiapan-persiapan menuju acara festival itu sendiri, sehingga orang-orang bisa tahu dan makin penasaran untuk datang secara langsung melihat festival ini.

Kedua, menurut saya perlu diadakannya pemilihan duta festival teluk jailolo yang dipilih secara nasional. Pastinya pemilihan duta ini dilakukan jauh sebelum acara festival itu sendiri. Dengan adanya kontes pemilihan duta festival teluk jailolo ini secara tidak langsung festival ini akan semakin dikenal di seantero Indonesia. Duta ini nantinya akan menjadi pemandu untuk acara puncak festival itu sendiri.

Dua jurus ini saya yakin akan semakin membuat masyarakat Indonesia dan masyarakat Internasional tahu bahwa di pulau halmahera ada festival semenarik dan sebagus ini. Saya sangat berharap festival ini akan menjadi icon baru bagi pariwisata nasional dan tentunya saya juga sangat berharap tahun ini saya ada di kerumunan orang-orang yang menyaksikan festival ini secara langsung.

Teman-teman pasti penasaran kan??. Yuk, kita ke jailolo. Jailolo (wait me) I’m coming !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar